Selasa, 02 September 2014

Bahaya "LOOM BANDS" !!!

Hi ladies and lads!!! Lama tak jumpa berbincang di blog saya nih...
Kali ini saya akan memberi tahu kabar tentang sebuah 'benda' atau 'accessories atau mungkin anak-anak banyak yang menyebutnya dengan 'mainan'. Ya.. itu "Loom Band". Tahu kan apa itu Loom Band?? Gelang cantik berwarna-warni ini memang sangat unik dan menarik. Lihat saja beberapa contohnya di bawah ini :




















Selain untuk gelang "Loom Band" juga bisa loh dijadikan ikat rambut bahgan gaun super unik, indah, warna-warni dan yang pasti menarik :)

Macam-macam penggunaan Loom Band


Loom Band yang dijadikan gaun


Lucuuuu kaannnn???!! tentu saja iya :)
Dampak positif nya memang cukup banyak, salah satunya menjadikan kreativitas anak meningkat :) tapi jangan salahh... TERNYATAAA... LOOM BAND BERBAHAYA

mengutip dari BANJARMASINPOST.CO.ID didapatkan bahwa :

Salah satu perusahaan mainan terbesar di Inggris, The Entertainer, memutuskan untuk menarik seluruh produk mainannya yang kini sedang tersohor di dunia anak-anak, yaitu loom band atau loom charms.

Keputusan yang diambil oleh The Entertainer ini, berlandaskan hasil dari investigasi penuh mengenai kecurigaan atas deteksi zat kimia berbahaya penyebab kanker bernama phthalates (Phthalates merupakan bahan kimia sejenis plasticizer yang sudah banyak digunakan sejak tahun 1950-an untuk melenturkan plastik agar tidak retak atau lebih elastis) yang terdapat pada aksesori gelang warna-warni yang bisa dirangkasi sendiri oleh anak-anak.

Pemeriksaan dan penelitian lanjutan yang dilakukan oleh BBC Midlands, juga menyatakan bahwa loom band merupakan mainan berbahaya yang mematikan bagi penggunanya karena kandungan phthalates yang tinggi.

Seperti dikutip DailyMail, phthalates adalah material dasar untuk plastik yang berisiko tinggi terhadap kesehatan tubuh jika terhisap atau tertelan. Hal yang demikian tentunya rentan terjadi mengingat loom band dikenakan sebagai gelang, kalung, hiasan rambut, dan bahkan tas selempang oleh anak-anak.

“Persoalan ini telah menjadi prioritas dari seluruh perhatian kami. Maka dari itu, kami mengumumkan bahwa produk kami ini kemungkinan besar mengandung phthalates,” ujar juru bicara The Entertainer.

“Bagi The Entertainer keselamatan dan kesehatan anak-anak adalah prioritas utama kami. Jadi, sebagai pencegahan dan keselamatan mereka, kami telah menarik semua produk loom charms atau loom band dari pasaran,” imbuhnya.

Perlu Anda ketahui, takaran phthalates yang diizinkan oleh Badan Pengujian Logam di Inggris hanyalah 0,1 persen, baik untuk produk plastik dan material mainan anak-anak. Nah, kandungan phthalates pada loom band adalah 40 persen!

Setelah penarikan produk loom band oleh The Entertainer, para peneliti menemukan banyak produk sejenis yang palsu beredar di pasaran dan mengandung phthalates, beberapa di antaranya bikinan produsen dari Timur Tengah.

Dari situlah bahaya Loom Band, gelang selucu itu dapat menyebabkan resiko tinggi pada kesehatan bahkan kanker o.O

Namun tak semua Loom Band berbahaya, ada juga pihak produsen gelang unik itu yang menyatakan bahwa barang produksinya tidak berbahaya. Yang pasti Pemerintah sudah menyatakan bahwa gunakanlah barang-barang yang mengandung label "SNI" karena InsyaAllah itu aman dan telah diperiksa pemerintah keamananya :)

Sekarang semua pilihan ada pada kalian guys.. para konsumen Loom Band, entah berbahaya atau tidak Loom Band yang kamu kenakan, atau kalian ingin berhanti menggunakannya itu menjadi hak kalian, saya disini hanya memberi berita fakta untuk pertimbangan dan pengetahuan.

Terima Kasih telah membaca tulisan saya kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian semu para pembaca. Sampai Ketemu di postingan selanjutnyaaa :)


LOOM BANDS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar